5 Hak Seorang Muslim Kepada Muslim Yang Lainnya


Manusia diciptakan oleh Allah dalam keadaan berpasang-pasangan. Kalimat ini menegaskan bahwa manusia sejatinya membutuhkan orang lain dalam setiap permasalahan yang dihadapi olehnya. Dalam surat al-Hujurot telah dijelaskan bahwa manusia diciptakan berbangsa-bangsa dan bersuku-suku dengan tujuan agar saling mengenal satu sama lain dan dimaksudkan agar saling tolong menolong antar sesama. Sebagai seorang muslim kita ternyata juga memiliki hak yang harus ditunaikan kepada muslim yang lain agar tercipta kehidupan islam yang madani. Lalu hak seperti apakah yang harus kita tunaikan kepada saudara muslim yang lain? Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori bahwa hak seorang muslim terhadap muslim yang lainnya ada lima perkara.
حَدَّثَنَا مُحَمَّدٌ حَدَّثَنَا عَمْرُو بْنُ أَبِي سَلَمَةَ عَنْ الْأَوْزَاعِيِّ قَالَ أَخْبَرَنِي ابْنُ شِهَابٍ قَالَ أَخْبَرَنِي سَعِيدُ بْنُ الْمُسَيَّبِ أَنَّ أَبَا هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ حَقُّ الْمُسْلِمِ عَلَى الْمُسْلِمِ خَمْسٌ رَدُّ السَّلَامِ وَعِيَادَةُ الْمَرِيضِ وَاتِّبَاعُ الْجَنَائِزِ وَإِجَابَةُ الدَّعْوَةِ وَتَشْمِيتُ الْعَاطِسِ تَابَعَهُ عَبْدُ الرَّزَّاقِ قَالَ أَخْبَرَنَا مَعْمَرٌ وَرَوَاهُ سَلَامَةُ بْنُ رَوْحٍ عَنْ عُقَيْلٍ
"Telah menceritakan kepada kami Muhammad telah menceritakan kepada kami 'Amru bin Abu Salamah dari Al Awza'iy berkata, telah mengabarkan kepada saya Ibnu Syihab berkata, telah mengabarkan kepada saya Sa'id bin Al Musayyab bahwa Abu Hurairah radliallahu 'anhu berkata; Aku mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Hak muslim atas muslim lainnya ada lima, yaitu; menjawab salam, menjenguk yang sakit, mengiringi jenazah, memenuhi undangan dan mendoakan orang yang bersin". Hadits ini diriwayatkan pula oleh 'Abdur Razaq berkata, telah mengabarkan kepada kami Ma'mar dan meriwayatkan kepadanya Salamah bin Rauh dari 'Uqail.”
1.    Menjawab salam
    Sudah sewajarnya apabila kita di sapa oleh orang lain maka kita juga harus membalasa sapaan tersebut. Di dalam islam, kita mengganti sapaan itu dengan ucapan salam yang mana di dalamnya juga terkandung doa keselamatan dan rahmat Allah untuk kita. Maka kita sebagai muslim yang baik hendaklah menjawab sapaan salam dari saudara kita yang mana dengan salam itu kita juga membalas doa yang telah dia ucapkan untuk kita. Dan apabila seseorang telah mengucapkan salam kepada kita maka kita wajib untuk menjawab salam tersebut.
2.    Menjenguk apabila ada yang sakit
    Sakit merupakan karunia yang diberikan Allah kepada hambanya agar manusia senantiasa meminta pengharapan kepada Allah semata. Sakit juga dapat dijadikan sebagai penebus dosa apabila seorang hamba bersabar dengan penyakitnya. Hak kita apabila mendengar saudara kita mengalami musibah atau rasa sakit adalah menjenguk dan mendoakan agar cepat sembuh. Terkadang orang yang terkena penyakit akan berkurang kadar keimanannya karena menganggap Allah tidak menyayanginya, maka disitulah tugas kita sebagai orang yang diberi kesehatan untuk senantiasa mengingatkan dan memberikan semangat agar saudara kita yang sakit tersebut lebih bersabar dalam menghadapi penyakitnya.

3.    Mengiringi Jenazah
    Menjadi salah satu kewajiban bagi penduduk suatu negeri apabila ada salah satu diantara mereka meninggal dunia maka sebagian orang mengurus jenazahnya. Apabila sudah ada yang mengurusnya maka yang lainnya menjadi gugur kewajibannya. Akan tetapi bila tidak ada yang mengurusnya, maka semua penduduk negeri tersebut mendapatkan dosa. Mengiringi jenazah disini dimulai dari memandikan, mengkafani, mensholatkan serta mengantarkannya sampai ke liang lahat. Untuk bagian memandikan, dianjurkan kepada kerabat si mayit atau yang mahrom dengannya, agar tidak terjadi fitnah apabila si mayit memiliki kejanggalan ketika dimandikan.

4.    Memenuhi Undangan
    Terkadang kita mengabaikan begitu saja undangan dari seseorang yang tidak kita sukai. Atau bahkan terkadang kita menghadiri suatu perkumpulan dimana kita tidak diundang di dalamnya. Kewajiban seorang muslim terhadap muslim yang lain adalah memenuhi undangan dan tidak diperbolehkannya menghadiri suatu perkumpulan apabila kita tidak diundang. Apabila kita memiliki urusan lain yang tidak bisa di wakilkan, maka hendaknya kita meminta izinkepada si pengundang agar tidak melukai hati karena ketidak hadirannya kita.

5.    Mendoakan orang bersin
    Bersin merupakan suatu kekuasaan Allah untuk mengeluarkan virus yang akan masuk kedalam tubuh kita. Maka setelah bersin kita dianjurkan membaca hamdalah sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah yang telah menyelamatkan kita dari cikal bakal penyakit. Dan sebagai seorang muslim yang telah mendengar bacaan hamdalah seseorang setelah bersin, hendaklah kita juga mendoakannya dengan memintakan rahmat kepada Allah karena dia telah memuji Allah ta’ala. Kemudian apabila kita yang bersin kemudian di doakan oleh orang lain setelah bacaan hamdalah kita, maka kita juga boleh mendoakan lagi dengan memintakan hidayah atau petunjuk untuknya. Karena hidayah itu hanya milik Allah semata. Wallahu ta’ala a’lam



Search the newest info

and search the new info about car 
Share on Google Plus

About Muhammad Abdullatif

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment