Dapatkah Kebaikanmu Menghapus Amal Burukmu?


عَنْ أَبِي ذَرّ جُنْدُبْ بْنِ جُنَادَةَ وَأَبِي عَبْدِ الرَّحْمَنِ مُعَاذ بْن جَبَلٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا عَنْ رَسُوْلِ اللهِ صلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : اِتَّقِ اللهَ حَيْثُمَا كُنْتَ، وَأَتْبِعِ السَّيِّئَةَ الْحَسَنَةَ تَمْحُهَا، وَخَالِقِ النَّاسَ بِخُلُقٍ حَسَنٍ (رواه الترمذي وقال حديث حسن وفي بعض النسخ حسن صحيح) 
  
 Dari Abu Dzar Jundab bin Janadah dan Abdurrahman Muadz bin Jabal dari Rasulullah Sholallahu ‘alaihi wasalam bersabda, “bertakwalah dimana saja kamu berada, dan iringilah keburukan dengan kebaikan, niscaya kebaikan menghapus keburukan itu, dan pergaulilah manusia dengan baik.”
HR. Tirmidzi 1987 dan beliau berkata hadits hasan, dalam cetakan lain hasan shohih.

         Hadits ini menjelaskan kepada kita bahwasanya kita harus senantiasa nengingat Allah dimana pun dan kapan pun, baik tatkala sendiri maupun ditengah keramaian. Karena ketakwaan itu
Dan iringilah perbuatan burukmu dengan amal kebaikanmu, karena dengan hal itu Allah akan mengampuni perbuatan buruk yang telah dilakukan. Serta hiasilah aktivitas harianmu dengan akhlak mulia, karena Nabi Muhammad diutus tidak lain untuk memperbaiki akhlak manusia. Dimana telah dijelaskan dalam sebuah hadits beliau yang berbunyi:

إنما بعثت لأتميما مكارم الأخلاق  
“sesunggungnya aku diutus oleh Allah untuk menyempurnakan akhlak”

         Perbuatan kita terhadap manusia juga merupakan salah satu bentuk ketakwaan kita kepada Allah. Iman tidak hanya menegaskan hubungan kita kepada Allah, melainkan juga hubungan kita terhadap manusia. Begitupun sebaliknya. Kita tidak bisa mengunggulkan salah satu dan mengabaikan yang lainnya. Perwujudan ketakwaan kita terhadap Allah dapat dinilai dari seberapa baik perilaku kita terhadap orang lain.
         Saudaraku, ketahuilah bahwa menjaga pergaulan yang baik merupakan kunci kesuksesan, kebahagiaan dan ketenangan di dunia dan akhirat.
         Wallahu ta’ala a’lam
Share on Google Plus

About Muhammad Abdullatif

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment